by

Review Oppo A1K, Hp Millenial Harga Sejutaan !

Hp Oppo a1k – Oppo bukanlah nama merek pertama yang terlintas dalam pikiran kita ketika memikirkan segmen smartphone murah di Indonesia. Perusahaan ini lebih suka mempromosikan penawaran kelas menengah ke atas, dengan penekanan pada fitur dan inovasi kamera. Namun akhir-akhir ini Oppo telah mendorong batas-batas yang ada, dimana perusahaan ini mulai memproduksi smartphone entry level yang berkualitas dengan harga yang juga terjangkau.

Salah satunya adalah Oppo A1k yang akan kita bahas kali ini, dimana smartphone ini ditawarkan dengan harga 1 jutaan yang tentunya sangat bersahabat bagi konsumen, khususnya kelas menengah kebawah.

Tampilan dan Desain

Oppo A1k hadir dengan desain yang sederhana dengan balutan bodi plastik dan lapisan matte yang terlihat elegan untuk dilihat maupun dipegang. Bagian belakang smartphone ini terlihat polos, yang cukup kuat dan tidak rentan terhadap bekas sidik jari. Hadir dengan layar berukuran 6 inch yang elegan masih memungkinkan orang dapat  mengoperasikannya dengan satu tangan

hp oppo a1k

Review Oppo A1k: Oppo A1k hadir dengan desain simple pada bagian belakang yang terbuat dari plastik dan diberi efek matte

Pada bagian belakang terdapat sebuah kamera dan satu LED flash. Tidak terdapat sensor sidik jari pada ponsel cerdas ini, namun Oppo A1k dilengkapi dengan fitur deteksi wajah. Selain itu, Oppo A1k hadir dengan slot SIM yang memiliki slot khusus untuk dua Nano-SIM dan satu kartu microSD.

Review Oppo A1k: Oppo A1k memiliki waterdop notch display, dimana terletak kamera depan

Untuk tampilannya ponsel Oppo A1k memiliki layar berponi dengan gaya tetesan air (waterdrop notch), pada bagian poni terdapat kamera depan. Smartphone ini memiliki layar HD+ 6,1 inci dengan aspek rasio 19,5: 9. Ini sangat identik dengan Realme C2 yang datang dengan harga mulai dari 1,2 Juta.

Bagian layarnya sendiri dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Layar ponsel ini memiliki kecerahan yang memadai di dalam ruangan, tetapi di bawah sinar matahari musim panas yang cerah, layar cenderung terlihat redup bahkan jika berada pada kecerahan penuh agak sulit untuk membaca di ponsel ini.

Performa dan Dapur Pacu

Oppo A1k ditenagai oleh prosesor octa-core MediaTek Helio P22 MT6762 dengan 12 nm, yang juga telah digunakan dalam Realme C2. Pada uji Geekbench, smartphone ini mendapatkan skor inti tunggal 820, skor multi-core 3.314. Pada uji AnTuTu, mendapatkan skor 75.490. Secara teoritis, prosessor ini lebih kuat daripada prosessor Samsung Exynos 7870 yang ditemukan di Galaxy M10, tetapi tertinggal di belakang prosesor Snapdragon 632 yang digunakan pada Redmi 7.

MediaTek Helio P22 MT6762 prosesor octa-core Oppo A1k dipasangkan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, yang sekali lagi sedikit mengecewakan dalam hal kinerja dan persaingan karena Realme C2 memiliki varian yang memiliki RAM 3GB dan penyimpanan 32GB yang tersedia dengan harga 1,6 jutaan.

Review Oppo A1k: Terdapat sebuah kamera belakang didampingi LED flash yang terlihat menonjol keluar. Tidak terdapat fingerprint

Untuk kinerja ponsel Oppo A1k berkinerja baik selama penggunaan sehari-hari seperti WhatsApp, YouTube, Chrome, Facebook, dll. Anda juga dapat membuka sekitar 20-25 tab di Chrome dan tidak terdapat lag, namun pada saat kami membuka hingga 30 tab, mulai terasa sedikit lag.

Diatas kertas untuk masalah performa penggunaan sehari-hari tidak ada masalah yang mengganggu, tetapi jika kita mengharapkan ponsel ini untuk bermain game dengan grafis tinggi seperti PUBG, mungkin anda akan sedikit kecewa. Untuk game ringan seperti Subway Surfer, Angry Birds dapat berjalan dengan lancar

Oppo A1k menggunakan sistem operasi Android 9 Pie terbaru, yang hadir dengan tema ColorOS 6 khas Oppo. Terdapat juga asisten bilah sisi cerdas, yang muncul saat Anda menggeser ke kanan pada layar beranda.

Fitur face-unlock pada Oppo A1k dapat berfungsi dengan baik, meskipun dalam beberapa kasus, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali wajah.

Kamera

Oppo A1k memiliki kamera 8MP di bagian belakang dengan lampu LED flash, dan kamera depan 5MP untuk selfie dan panggilan video. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Panorama, Time-lapse, Portrait, Expert, HDR dan banyak lagi.

Review Oppo A1k: Dalam kondisi cahaya baik, kamera dapat fokus pada beberapa objek.

Jika berbicara tentang kinerja kamera ponsel ini, dalam kondisi cahaya yang baik, kualitas foto yang dihasikan tampak lumayan baik, tapi tidak terlalu bagus dan mungkin dengan mode HDR dapat membuat hasil foto lebih baik. Gambar yang diambil pada malam hari atau cahaya redup terdapat banyak noise, yang umum digunakan pada ponsel entry level. Bahkan untuk gambar yang diambil dari kamera depan dalam cahaya rendah tidak terlalu mengesankan dan kurang detail.

Review Oppo A1k: Deteksi warna dibawah cahaya sinar matahari tampak baik.

Review Oppo A1k: Gambar yang diambil pada malam hari

Baterai dan Speaker

Baterai menjadi hal yang diunggulkan pada ponsel ini. Dengan penggunaan moderat seperti Netflix atau youtube, chatting di WhatsApp, penjelajahan, dan fotografi, perangkat ini dapat dengan mudah bertahan lebih dari satu setengah hari dengan sekali pengisian daya.

Review Oppo A1k: : Terdapat lubang jack audio 3.5mm bersama dengan port micro-USB.

Opsi Super High Power Efficiency yang ada dapat membantu menghemat baterai. Saat mengisi daya telepon, ponsel ini membutuhkan waktu sekitar dua setengah jam untuk mengisi daya dari nol hingga 100 persen. Speaker di bagian bawah pada Oppo A1k cukup keras, tetapi tidak memiliki kedalaman suara.

Kesimpulan

Oppo A1k hadir dengan desain trendi dengan tampilan layar berponi waterdrop dan dilengkapi dengan OS Android Pie terbaru. Smartphone ini bagus untuk menonton video dan game-game ringan dan memiliki baterai yang kuat dan tahan lama. Kekurangan ponsel ini terdapat pada kamera dan dapur pacu, juga RAM yang ditawarkan lebih kecil yakni 2GB saja, harga yang ditawarkan untuk ponsel ini berkisar antara 1,5 – 1,7 juta tergantung daerah pemasarannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *